CDM (Conseptual data model)





1. Pengrtan CDM (Conseptual data model)
Conseptual Data Model merupakan model yang dibuat berdasarkan anggapan bahwa dunia nyata terdiri dari koleksi obyek – obyek dasar yang dinamakan entitas (Entity) serta hubungan (relationship) antara entitas – entitas tersebut. CDM biasa dipresentasikan dalam bentuk Entity Relationship Diagram. CDM dipakai untuk menggamabar kan secara detail struktur basis data dalam bentuk logik. Struktrur ini independen terhadap semua software maupun struktur data strorage tertentu yang digunakan dalam aplikasi ini.
Conceptual Data Model (CDM) atau model konsep data merupakan konsep yang berkaitan dengan pandamgan pemakai terhadap data yang disimpan dalam basis data. CDM dibuat sudah dalam bentuk tabel-tabel tanpa tipe data yang menggambarkan relasi antar tabel untuk keperluan implementasi ke basis data.
CDM merupakan hasil penjabaran lebih lanjut dari ERD. Ada aturan-aturan yang harus diikuti dalam melakukan konversi ERD menjadi CDM.
2. Manfaat Penggunaan CMD dalam perancangan Database
Berikut ini adalah Manfaat Penggunaan CMD dalam perancangan Database yaitu:
1.      Memberikakn gammbaran yang lengkap dari struktur Basis ata yaitu arti, hubungan, dan batasan-baatasan.
2.      Sebagai alat komunikasi antar pemakai data, Designer, dan Analis.
3. Jenis-jenis objek dalam CDM
     Berikut adalah jenis-jenis objek dalam CDM :
1.      Entity
Untuk membuat entitas, klik item pada palette dengan label berwarna hijau. Untuk membuat Entity, kemudian klik space putih disebelah kanan untuk membuat beberapa entitas, klik terus sebanyak jumlah entitas yang dibutuhkan. Di bawah ini adalah gambar tabe etinty :
2.    Relationship
Relasi adalah hubungan antara etintas sati ke etintas lain-nya. ntuk membuat relasi antara 2 buah entitas, klik item pada palette dengan label relationship kemudian hubungkan antara entitas satu dengan etintas lain-nya. Beri nama yang sudah ada dibuat dengan melakukan double klik pada relasi dan mengisi nama pada field NAME pada tab General.
3.      inheritance
Untuk membuat inheritance dari sebuah entitas, terlebih dahulu buat entitas-entitas lain yang merupakan child dari entitas sparent. Lalu klik item pada pallete dengan label inheritance hubungkan entitas parent dengan salah satu entitas child. Untuk menghubungkan entitas child yang lain, tarik garis antara lambing inheritance ( bentuk setengah lingkaran ) dengan entitas child. Kemudian beri nama pada inheritance.
4. Langkah-langkah membuat CDM
Berikut adalah langkah-langkah membuat CDM :
1.      Pahami terlebih dahulu inti permasalahan pada kasus yang diberikan.
2.      Tentukan entity (entitas) apa saja yang terlibat.
3.      Tentukan atribut – atribut data setiap entitas tipe datanya.
4.      Tentukan hubungan keterkaitan antar tiap entitas berikut kardinalitasnya.
5.      Modelkan entitas dan relationship.
6.      Cek kebenaran model.
7.      Perbaiki jika ada keselahan.
5. Langkah – langkah menentukan Entity, Attribut, dan Relasi dalam CDM
            Berikut adalah langkah-langkah membuat Entity, Attribut, dan Relasi yaitu:
1.      Lalngkah pertama tentukan dulul Entitas dari kasus yang kita tangani.
2.      Setelah kita menetukan entitas, kita akan menetukan atribut atau karakteristik dari entitas dari kasus yang kita tangani.
3.      setelah menetukan atribut pada entitas masing-masing, selanjutnya kita menentukan PK (primary key) FK (foreign key).
4.      selanjut-nya adalah menentukan relasi antar entitas. Relasi apa yang terdapat antara entitas A dan B, apakah entitas dan B memiliki relasi many to many atau one to many.



6. CDM dari kasus keluar masuk barang PT. CPKA
   


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ERD (Entity Relationship diagram) keluar masuk barang